Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Ketika Awwam Lebih Mendahulukan Dunia

Diterbitkan oleh pada hari Rabu, 24 Agustus 2011
Awwam's JourneysKetika Awwam Lebih Mendahulukan Dunia | Awwam's Journeys ---Suatu ketika Awwam sedikit menghabiskan waktu hidupnya dengan nyantri di sebuah pondok di wilayah Timur pulau Jawa. Suatu habitat yang tidak asing bagi Awwam. Karena sewaktu masih ibtidaiyah juga ia pernah merasakan tinggal berhimpit-himpitan dengan penghuni pondok lain dari berbagai daerah. Dan seingat Awwam, disini ia mendapakan ilmu yang sangat bermanfaat yang belum pernah ia dapatkan di tempat lain. Bahwasannya penyakit munafik lebih gampang terjangkit ketimbang penyakit musyrik. Bahkan virus penyakit ini mampu menyebar dengan begitu cepat tanpa disadari oleh orang yang terjangkiti. ini dirasakan sendiri oleh Awwam yang akhirnya terpaksa harus keluar dari pondok karena sudah dianggap "tamat" oleh Kyai pondok.

Seperti biasa setiap selesai shalat Isya' berjama'ah, Awwam dan para sahabat santri lainnya duduk-duduk di pelataran masjid sambil bercanda ria. Ngobrol tentang berbagai topik, dari yang membicarakan tentang agama hingga tentang percintaan. Maklum anak muda!. Sedangkan Awwam sendiri pastinya tidak akan lepas dengan gitar akustik lusuhnya itu.

Salah seorang sahabat Awwam menerawang matanya menatap ke langit-langit masjid sambil berucap,
"Aku terkadang bingung dengan kehidupan dunia ini. Seandainya semua manusia lebih menghabiskan waktunya untuk mempelajari agama dan beribadah kepada Allah mungkin kehidupan akan sedamai kita yang berada disini. Mengaji, bercengkerama, mendengarkan ceramah pak Kyai, yang kesemuanya itu bikin damai"
"Kalo gue lebih merasa tersesat atas keberadaan gue disini. Gue masih ingat terus dengan pacar yang harus gue tinggalin untuk mondok disini. Apa mungkin aku masih dapet pahala sementara aku masih saja ingat dunia sana yang amat sangat gue impikan"
Sambung sahabat Awwam yang lain.

Awwam menghentikan genjrengan gitarnya sesaat. Menghentikan genjrengan lagu "wild World" nya Mr.Big yang ia mainkan. Dan Awwam berkata sembari menanggapi ucapan kedua temannya,
"Terus terang, jika semasa hidup ini aku diberi pilihan, Akhirat atau dunia yang harus aku dahulukan, maka aku akan tegas dan istiqomah untuk menjawab, aku lebih memilih dunia duluan ketimbang akhirat"
Ucap Awwam dengan mantabnya.

Mendengar ucapan Awwam ini, para sahabat yang masih berbaring sontak langsung duduk dan mengarahkan pandangan aneh ke arah Awwam.
"Istighfar Wam! Dunia ini hanyalah sementara. Fana' dan akhirat itu kekal abadi. Istighfar!"
Nasehat para sahabat.

Awwam cuma nyengir sambil berkata,
"Lo semua yang harusnya pada istighfar kalo lo mendahulukan akhirat ketimbang dunia. Gak ada manusia yang berdoa, 'Rabbana Aatina fiil akhirati khasanah wafiddunya khasanah' kecuali seperti yang kalian inginkan barusan"
Gubraaaaakkkk! [Bocah Edan!]
"Hehe..emang enak..lo pikir ayat Allah itu untuk orang yang sudah meninggalkan dunia fana ini? Bisa lo shalat dan berbuat baik dalam kubur..hehe"
Bathin Awwam!