Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

10 Jenis Teknologi Asal Jerman

Diterbitkan oleh pada hari Kamis, 08 September 2011
Teknologi Jerman10 Jenis Teknologi Asal Jerman --Seperti kita ketahui, bahwa Jerman merupakan salah satu negara besar di dunia yang sangat konsen dengan perkembangan teknologi. Kita juga mengenal salah satu Menristek yang juga Mantan Presiden RI BJ. Habibie yang lebih dikenal dengan kepintarannya dalam bidang teknologi pesawat udara. Tapi apakah kita tahu, jenis-jenis teknologi apa yang asli berasal dari Jerman?

BERIKUT 10 JENIS TEKNOLOGI ASAL JERMAN

Sinar X
Alat yang berguna untuk mendeteksi penyakit atau kandungan lain dengan menggunakan teknologi cahaya tembus pandang ini, awalnya dikembangkan pada tahun 1895 oleh Wilhelm Conrad Rontgen di laboratorium University of Wurzburg. Hingga saat ini spektrum cahaya tersebut populer dengan nama Rontgen. Namun beberapa waktu setelah itu, Rontgen memnemukan penemuan baru misterius yang diberi sebutan X. Dia menemukan foto (radiograf). Awalnya Rontgen mencoba melihatnya pada tangan istrinya dan gambar tersebut terlihat jelas dalam bentuk transparan lengkap dengan cincin kawin yang ada di jari manis istrinya. Sejak saat itulah sinar X diyakini pertama kali muncul.

Mesin Jet
Para insinyur Jerman mulai mendesain sendiri sebuah mesin jet pada tahun 1935. Ide ini pertama kali muncul di Jerman ketika melihat pesawat Ernst Heinkel dan mereka segera melihat potensi yang ada. Serangkaian purwarupa mencapai puncaknya dengan membuat mesin berbahan bakar bensin yang melekat pada pesawat sederhana. '178' merupakan mesin jet pertama, yang melakukan penerbangan perdananya di kota Rostock di pesisir timur laut pada bulan Agustus 1939.

Mobil
Butuh beberapa orang ahli yang jenius di Jerman untuk menempatkan teknologi four-stroke di atas roda. Perusahaan otomotif di Jerman yang paling menonjol antara lain, Karl Benz di Mannheim (1886) dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart (1889). Keduanya merupakan awal kebangkitan teknologi mobil di Jerman.

C-Leg (Kaki Palsu)
Diperlukan waktu yang lama untuk mengembangkan solusi membuat kaki palsu. Tetapi pada tahun 1997, Lower Saxony yang merupakan perusahaan HealthCare memberikan penemuan kaki palsu yang menggunakan mikroprosesor terkontrol pertama yang bisa bergerak. Ini adalah awal kehidupan baru bagi pasien yang terpaksa mengamputasi bagian tubuhnya.

MP3
Jerman sangat berpengaruh pada perkembangan musik pop dunia. Awal tahun 1990 teknik serta aplikasi untuk mengurangi kapasitas file suatu lagu mulai dikenal dengan sebutan MP3. Pertama kali MP3 diciptakan oleh lembaga riset Fraunhofer. Inovasi tersebut awalnya dikembangkan di benua Eropa dan akhirnya kini aplikasi musik tersebut bisa dinikmati oleh seluruh pecinta musik dunia.

Komputer
komputer adalah penemuan dari negara Jerman. Komputer pertama dibangun di ruang tamu Konrad Zuse tahun 1936. Perangkat pertama yang dibuat Zuse dinamai 'Z1', yang diakui hingga saat ini sebagai program komputer yang dikendalikan pertama kali secara digital. Zuse juga melanjutkan untuk merancang bahasa pemrograman pertama di tahun 1940-an, dan matematikawan modern memandangnya sebagai orang yang jenius. Saat itu Zuse mendirikan perusahaan yang dinamai Zuse KG. Perusahaan ini berada di negara bagian Hesse, setelah itu baru disusul oleh raksasa komputer lainnya seperti IBM dan Siemens, yang keluar pada tahun 1967.

Teknologi kristal cair
Kristal cair pertama kali ditemukan pada kolesterol yang diekstrak dari wortel. Ini dilakukan oleh kimiawan Austria, Friedrich Richard Reinitzer pada tahun 1888, namun induk dari teknologi kristal cair secara umum diakui sebagai temuan Otto Lehman dari Karlsruhe di Jerman Barat. Kristal cair yang ditemukan oleh Lehman memiliki suhu yang lebih tinggi dan setelah bertahun-tahun melakukan penelitian, akhirnya Lehman menerbitkan makalahnya "Kristal Cair" di Leipzig pada tahun 1904.

Tape Recorderd
Seorang anak keturunan Jerman, Fritz Pfleumer tidak hanya menciptakan pita rekaman audio pertama di dunia. Dia juga orang pertama yang menciptakan campuran rekaman di Dresden pada tahun 1927. Dalam salah satu demonstrasi awal, kertas yang sangat tipis ditutupi dengan bubuk oksida besi, Pfleumer menunjukkan bahwa rekaman itu bisa dipotong dan kembali selaras, sehingga setiap remaja akhirnya bisa merilis DJ yang populer saat ini. Pfleumer membangun alat perekam kaset pertama yang sebenarnya setahun kemudian, meskipun hardware yang agak berat dengan membutuhkan 900 meter pita rekaman untuk digunakan merekam suara selama satu jam. di tahun 1932 perusahaan AEG yang berbasis di Frankfurt membeli hak cipta dari Pfleumer dan dengan cepat mengembangkan tape recorderd pertama secara massal.

Secooter Air
Pada tahun 1967, Bernd Bottger (27) seorang pria komunis Jerman Timur ingin melarikan diri dengan menyebrangi Laut Baltik. Secara tidak sengaja dia menemukan scooter air yang digunakan sebagai mesin bermotor yang bisa berjalan di atas air. Namun upaya pelariannya berhasil terungkap dan Bottger dipenjara delapan bulan. Setelah bebas Bootger mulai memproduksi scooter air dan dengan marger bersama perusahaan ILO dan menjadi merek dagang di seluruh dunia. Bottger dikabarkan meninggal secara misterius saat menyelam pada tahun 1972.

Kondom Spray
Penemuan yang dilakukan tahun 2006 oleh Jan Vinzenz Krause dari Institute for Condom Consultancy membuat spray yang bisa digunakan sebagai kondom modern. Spray yang disemprotkan pada alat vital pria ini hanya membutuhkan waktu semenit untuk mengering dan membentuk lapisan khusus lateks.Ini merupakan kondom modern yang lebih praktis.

Jika dilihat dari daftar ini ternyata, negara-negara yang terkenal dengan mobilnya seperti Italia hanyalah sebagai pengembang. Karena memang cikal bakal mobil sesungguhnya berasal dari Jerman. Kapan ya Indonesia seperti jerman?

Happy Blogging!

Dikutip dari: Techno.OkeZone.com