Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Tentang Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle

Diterbitkan oleh pada hari Selasa, 17 Juli 2012
Tentang Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle ---Akhir-akhir ini di mesin pencarian google sering ditemukan istilah partikel tuhan ataupun Higgs Boson Particle yang banyak di cari oleh para netter termasuk saya. Bukannya apa-apa, mendengar istilah partikel tuhan pastinya kita akan sedikit terperanjat. Partikel itu bisa diartikan juga sebagai zat. Pernakah anda membayangkan jika ada zat tuhan yang bisa ditemukan? Pastinya otak kita akan langsung "konslet" jika pandangan ini langsung digabung dengan pemahaman religi yang kita ketahui.

Pada Post Edukasi Iskaruji dot com kali ini tidak akan membahas istilah partikel tuhan atau zat tuhan dalam pemahaman religi. Namun istilah Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle dalam pemahaman ilmiah atau fisika.
Pengumuman Partikel Tuhan
The European Organization for Nuclear Research (CERN) atau Pusat Penelitian Nuklir Eropa (CERN) pada 4 Juli 2012 lalu di Jenewa Swiss mengumumkan keberhasilannya menemukan Higgs Boson Particle. Zat ini kerap disebut "Partikel Tuhan". Partikel ini disebut-sebut bisa membantu manusia menjelaskan asal-usul terbentuknya alam semesta. Atau dengan kata lain mereka menganggap telah menemukan jawaban tentang siapa pencipta jagat raya. Para ilmuwan sedunia bersorak dan menyebut revolusi ilmu pengetahuan telah terjadi. Tingkat kebenaran bahwa partikel tuhan ini memang benar-benar ada disebut sigma tingkat lima. Itu artinya kemungkinan salahnya 1:3,5 juta, cukup meyakinkan.

Para ilmuwan CERN sudah melakukan penelitian untuk menemukan Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle selama bertahun-tahun. Para ilmuwan menemukan partikel baru itu setelah menganalisis hasil penelitian tumbukan antarproton sejak tahun lalu dengan bantuan alat Large Hadron Collider. Mereka yakin partikel baru itu zat pamungkas pembentuk semesta seperti yang dimaksud oleh fisikawan Inggris, Peter Higgs, 48 tahun silam.

PENEMU PARTIKEL TUHAN ATAU HIGGS BOSON PARTICLE
Peter Higgs
Teori tentang adanya partikel tuhan ini pertama kali sudah diungkapkan oleh Profesor Peter Higgs dari Universitas Edinburgh, Skotlandia sejak 48 tahun silam. Selama puluhan tahun itu pula, partikel yang akhirnya disebut dengan partikel tuhan ini tidak ditemukan. Bahkan Higgs sendiri mendapat ejekan dari Stephen Hawking, fisikawan ternama asal Inggris. Peraih Nobel Fisika yang tersohor dengan teori Lubang Hitam ini mengatakan Zat Tuhan tidak bakal ditemukan. Hawking bertaruh USD 100 atau sekitar Rp 934 ribu. Dan ternyata partikel tuhan memang ada dan Higgs menang taruhan.

ALAT UNTUK MENEMUKAN PARTIKEL TUHAN
Large Hadron Collider
Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle ditemukan oleh para ilmuwan CERN dengan menggunakan alat yang disebut dengan Large Hadron Collider atau Terowongan Penumbuk Partikel. Fungsi alat ini adalah untuk membedakan mana partikel biasa dan mana Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle.

TENTANG ISTILAH PARTIKEL TUHAN
Buku Partikel TuhanIstilah partikel tuhan pertama kali muncul lewat sebuah buku seorang fisikawan pemenang Nobel, Leon Max Lederman yang terbit pada tahun 1993. Buku tersebut adalah "The God Particle: If the Universe Is the Answer, What Is the Question?". Dalam buku itu dia sebetulnya menyebut higgs-boson sebagai "the God-like particle", tapi editor bukunya menggantinya menjadi "god particle".

Itulah bebrapa hal yang mungkin bisa membuka sedikit wawasan kita tentang Partikel Tuhan atau Higgs Boson Particle. Cari lebih banyak di situs resmi CERN di public.web.cern.ch/public atau baca juga uraian dan foto lebih banyak di:
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2168557/Higgs-boson-Scientists-God-particle-40-year-search-momentous-day-science.html
Happy Blogging!

My Quote:
"Ehm...Jadi bingung! Perasaan sejak kanak-kanak saya sudah tahu siapa pencipta alam semesta dan segala isinya ini. Saya Hebaaaaaaaaaaaaat!!"