Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Daftar Kecelakaan Pesawat Lion Air Yang Terjadi Dalam 10 Tahun Terakhir di Indonesia

Diterbitkan oleh pada hari Selasa, 16 April 2013
Daftar Kecelakaan Pesawat Lion Air Yang Terjadi Dalam 10 Tahun Terakhir di Indonesia ---Musibah yang menimpa pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 904 jurusan Bandung-Denpasar terbelah dua di laut setelah gagal mendarat di landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, membuka mata publik tentang kecelakaan pesawat terbang di Indonesia. Dan berikut ini adalah Daftar Kecelakaan Pesawat Lion Air di Indonesia, seperti yang di himpun oleh Media Online Merdeka.com dalam 10 tahun terakhir beroperasi di Indonesia.
Kecelakaan Pesawat Lion Air
7 Penumpang Lion Air patah tulang di Bandara Sultan Syarif Kasim II
Pada 2002 lalu, maskapai penerbangan Lion Air mengalami kecelakaan saat akan mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau. Pesawat dengan kode penerbangan 386 PK-LID ini gagal melakukan pendaratan dan terjerembab usai melewati landas pacu sejauh lima meter. Kecelakaan ini terjadi pada 14 Januari 2002 lalu, sebanyak tujuh penumpang mengalami luka patah tulang.
25 Penumpang Lion Air tewas di Bandara Adisumarmo
Sebanyak 25 orang penumpang Lion Air tewas, dan puluhan lainnya mengalami luka-luka setelah pesawat dengan kode penerbangan 0538 PK-LMN, MD-82 tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Adisumarmo, Solo pada Selasa malam 30 November 2004. Setelah keluar dari jalur bandara, pesawat yang dikemudikan oleh almarhum pilot Dwi Mawastono langsung menghantam kompleks pemakaman umum yang berada di pinggir Bandara.
3 Kali tergelincir dan 2 kali gangguan ban
Pesawat Lion Air mengalami 3 kali tergelincir dari landasan Bandara. Yaitu pada 3 Februari 2005, 12 Februari 2005, dan terakhir pada Desember 2006. Sedangkan gangguan pada ban pesawat terjadi pada 10 Januari 2005 dan 6 Mei 2005. Lebih lengkap silahkan baca di:

http://www.merdeka.com/peristiwa/deretan-kecelakaan-maskapai-lion-air/3-kali-tergelincir-dan-2-kali-gangguan-ban.html
Lion Air tergelincir hingga 15 meter
Pada 2011, dua kali tergelincir di bandara. Kecelakaan pertama terjadi pada 14 Februari 2011. Pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan kode penerbangan 598 tergelincir saat mendarat di bandara. Pesawat jurusan Jakarta-Pekanbaru tergelincir di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekan Baru. Berselang delapan bulan kemudian, tepatnya 23 Oktober 2011, pesawat Lion Air kembali tergelincir. Kali ini kecelakaan terjadi di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Pesawat Boeing 737-900 ER milik Lion Air tergelincir hingga sejauh 15 meter.
Desember 2012 pesawat Lion Air terperosok di bandara Jalaludin
Pesawat Lion Air Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan JT 891 tergelincir di Bandara Jalaludin, Gorontalo, saat mendarat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Peristiwa itu berlangsung sekitar pukul 10.55 WITA itu saat pesawat Lion Air tengah melakukan pendaratan. Pesawat itu tergelincir akibat jalur landasan pacu di bandara tidak terawat. Dari hasil investigasi yang dilakukan pihak maskapai penerbangan, ditemukan lubang di tengah landasan pacu bandara Jalaludin. Diduga, hal itu menjadi penyebab ban kanan pesawat terperosok dan tergelincir.
Itulah Daftar Kecelakaan Pesawat Lion Air Yang Terjadi Dalam 10 Tahun Terakhir di Indonesia. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.