Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik Tidak Boleh di Fotocopy

Diterbitkan oleh pada hari Rabu, 08 Mei 2013
e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik Tidak Boleh di Fotocopy ---Pada tanggal 11 April 2013, Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 471.13/1826/SJ. Surat edaran yang ditujukan kepada unit kerja pemerintah dan badan usaha tersebut menyatakan kartu elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) tidak boleh di fotokopi, distapler dan diperlakukan buruk hingga merusak fisik kartu. Lalu bagaimana untuk menyikapi layanan masyarakat yang masih membutuhkan fotocopy KTP?
e-KTP Tidak Boleh di Fotocopy
Mendagri Gamawan Fauzi baru mengatakan bahwa KTP elektronik atau e-KTP tidak boleh di fotokopy. Karena, jika terlalu sering di fotocopy maka chip yang ada di dalam e-KTP akan rusak dan tidak bisa terbaca lagi oleh card reader. Sebagai pengganti fotokopi, Gamawan mengimbau warga untuk mencatat Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lengkap warga yang bersangkutan.

Sayangnya, sosialisasi tentang KTP Elektronik atau e-KTP Elektronik Tidak Boleh di Fotocopy agak terlambat di sosialisasikan kepada masyarakat.