Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Kerusuhan dan Kebakaran LP Tanjung Gusta Medan | Kronologi Sementara

Diterbitkan oleh pada hari Kamis, 11 Juli 2013
Kerusuhan dan Kebakaran LP Tanjung Gusta Medan | Kronologi Sementara---Hingga saat post ini diterbitkan, Kerusuhan dan Kebakaran LP Tanjung Gusta Medan masih terjadi. Ratusan Napi LP tanjung Gusta Medan diperkirakan kabur dari tahanan. Warga Medan khususnya Belawan diminta untuk waspada terhadap kejadian kaburnya Napi akibat Kerusuhan dan Kebakaran LP Tanjung Gusta Medan ini.
Kerusuhan LPAparat keamanan yang terdiri dari kepolisisan dan TNI, kini sedang menyusun formasi untuk masuk dan mengambil alih LP Tanjung Gusta yang masih dikuasai oleh ribuan Napi.

Dikutip dari DetikNews, pemicu kerusuhan diduga akibat padamnya aliran listrik dan air di LP klas I Tanjung Gusta Medan itu. Napi protes, melawan petugas, yang akhirnya membakar LP yang menyebabkan terjadinya kerusuhan.

Berikut urutan peristiwa kerusuhan dan kebakaran itu secara kronologis berdasarkan keterangan Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Heru Prakosa dan pengamatan detikcom di lokasi, Kamis (11/7/2013):

Pukul 05.00 WIB
Air dan listrik mati di LP Tanjung Gusta.
Pukul 17.30 WIB
Terjadi keributan yang dipicu belum pulihnya listrik dan air. Para napi melawan petugas dan menjebol pintu utama serta membakar ruangan kantor LP Tanjung Gusta. Diperkirakan sekitar 200 tahanan melarian diri, termasuk kemungkinan tahanan teroris sebanyak 15 orang.
Pukul 20.50 WIB
Ledakan cukup keras terdengar dari dalam LP. Belum diketahui asal muasal ledakan itu, namun saat ledakan terjadi letupan api terlihat cukup besar.
Pukul 20.42 WIB
Narapidana menimpuki aparat dari dalam lapas dengan batu-batu dan barang lainnya.
Pukul 21.42 WIB
Petugas gabungan Polri dan TNI yang jumlahnya mencapai 500 orang berjaga di sekitar LP. Selain itu, terdapat 15 mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api.
Pukul 22.00 WIB
Api membesar dan menyebabkan Kerusuhan di LP Tanjung Gusta Medan.