Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Jenis Tradisi dan Ritual Malam 1 Suro di Jawa

Diterbitkan oleh pada hari Senin, 04 November 2013
Jenis Tradisi dan Ritual Malam 1 Suro di Jawa ---Memperingati malam 1 Suro dalam kebudayaan Jawa, agak berbeda dengan cara umum yang dilakukan orang ketika memperingati tahun baru masehi yang penuh dengan kemeriahan dan suara terompet. Saat Malam 1 Suro yang bertepatan dengan 1 Muharram tahun Hijriyah, masyarakat Jawa memiliki Jenis Tradisi dan Ritual Malam 1 Suro sendiri, yang bertujuan untuk introspeksi dan pemebersihan diri.
Tradisi dan Ritual Malam 1 SuroDan pada kesempatan kal ini, kita akan membahas berbagai Jenis Tradisi dan Ritual Malam 1 Suro di masyarakat Jawa, seperti yang dikutip dari Merdeka.com.

TRADISI DAN RITUAL NGUMBAH KERIS
Malam 1 Suro dianggap sebagai malam keramat. Oleh karenanya, bagi orang yang memiliki keris, tradisi dan ritual ngumbah keris (membersihkan keris) menjadi sesuatu kegiatan spiritual cukup sakral dan wajib dilakukan. Hal ini dikarenakan Malam 1 Suro adalah malam penuh keramat, malam penuh dengan kekuatan magis. Karena pusaka-pusaka itu juga dikeramatkan, makanya perlu dirituali di malam 1 Suro, agar kekuatan gaibnya bertambah.
TRADISI DAN RITUAL KIRAB KERBAU BULE KERATON SURAKARTA
Kirab Kebo Bule ini merupakan ritual Keraton Kasunanan Surakarta. Kirab ini Kebo Bule ini juga digelar setiap Malam 1 Suro, dimana sekawanan kerbau (kebo) yang dipercaya keramat, yaitu Kebo Bule Kiai Slamet. Konon kerbau ini bukan sembarang kerbau dan dianggap sebagai pusaka keraton Surakarta.
TRADISI DAN RITUAL MUBENG BENTENG KERATON YOGYAKARTA
Setiap malam 1 Suro, di keraton Yogyakarta digelar acara mengarak benda pusaka mengelilingi benteng keraton yang diikuti oleh ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya. Selama melakukan ritual mubeng beteng tidak diperkenankan berbicara seperti halnya orang sedang bertapa. Inilah yang dikenal dengan istilah tapa bisu mubeng beteng.
TRADISI DAN RITUAL TIRAKATAN
Tirakat dari kata 'Thoriqot' atau Jalan, yang dimaknai sebagai usaha mencari jalan agar dekat dengan Allah. Tradisi dan Ritual Tirakatan ini digelar setiap malam 1 Suro oleh kelompok-kelompok penganut aliran kepercayaan Kejawen yang masih banyak dijumpai di pedesaan. Mereka menyambut datangnya tahun baru Jawa dengan tirakatan atau selamatan.
TRADISI DAN RITUAL TAPA BISU
Tradisi dan Ritual Tap Bisu dilakukan dengan cara diam, tidak mengeluarkan kata-kata selama ritual. Ritual ini juga bisa dimaknai sebagai upacara untuk mawas diri, berkaca pada diri atas apa yang dilakoninya selama setahun penuh, menghadapi tahun baru di esok paginya.
Itulah beberapa Jenis Tradisi dan Ritual Malam 1 Suro di masyarakat Jawa yang perlu Anda ketahui. Mengenal budaya bangsa merupakan salah satu cara untuk mencintai dan melestarikan kekayaan budaya bangsa..