Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Teknologi Informasi | Pengertian dan Definisi

Diterbitkan oleh pada hari Rabu, 25 Desember 2013
Teknologi Informasi (TI) sering menjadi kosakata yang kerap diucapkan oleh banyak orang saat ini. Mulai dari Undang-Undang Teknologi Informasi, Perkembangan Teknologi Informasi, Tenaga Kerja di bidang Teknologi Informasi, dan banyak lagi padanan kata yang merepresentasikan pentingnya Teknologi Informasi itu sendiri. Sayangnya, tidak semua masyarakat saat yang kerap bersentuhan dengan Teknologi Informasi memahami Pengertian dan Definisi dari Teknologi Informasi itu sendiri.
Teknologi InformasiDikutip dari Wikipedia:
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Namun jika kita bisa coba memilah Pengertian dan Definisi Teknologi Informasi kata-perkata, bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Teknologi merupakan pengembangan dan aplikasi dari suatu alat, bisa berupa mesin, material, dimana proses pengembangan itu bertujuan untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.
  • Informasi bisa diartikan sebagai hasil pemrosesan, manipulasi, dan pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunanya.
Jika kita melihat kembali lebih jauh tentang Pengertian dan Definisi Teknologi Informasi, ternyata memang ada perbedaan dalam pendefinisiannya. Beberapa ahli memiliki pengertian dan definisi yang berbeda terhadap istilah Teknologi Informasi, sebagai berikut:
  • Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
  • Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi(Haag & Keen, 1996)
  • Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
  • Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
  • Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
Dari semua Pengertian dan Definisi Teknologi Informasi diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa Teknologi Informasi tidak hanya sekedar teknologi yang dikhususkan untuk komputer, tetapi juga mencakup teknologi di bidang komunikasi. Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi, dimana semua proses kerjanya bertujuan untuk memudahkan tugas manusia.

Semoga sedikit artikel tentang Pengertian dan Definisi Teknologi Informasi pada kesempatan kali ini bisa berguna bagi kita semua...