Pasang Iklan | Download Mozilla Terbaru | Zodiak Hari Ini | Jadwal Bola TV
Google

Tips Membuat Toko Online Untuk Bisnis via Internet

Diterbitkan oleh pada hari Minggu, 08 Desember 2013
Tips Membuat Toko Online Untuk Bisnis via Internet ---Saat ini, internet sudah menjadi bagian penting dalam setiap segi kehidupan manusia. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan perkembangan internet yang semakin pesat saat ini. Salah satunya adalah perubahan gaya hidup untuk memanfaatkan internet sebagai tempat untuk berjualan, yang yang lebih kita kenal sebagai "Toko Online". Lalu, bagaimana cara memulai dan Membuat Toko Online Untuk Bisnis via Internet?
Membuat Toko OnlineSeperti dikutip dari Merdeka.com, adalah Danar Dwi Santoso, Kepala Marketing Sarana Muslim Group Griya Buku Muslim dan Sarana Muslim Store, membagikan beberapa Tips Membuat Toko Online Untuk Bisnis via Internet untuk Anda semua.

OPTIMASI SEO DAN TAMPILAN TOKO ONLINE
Bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang IT, mengoptimalkan SEO dan tampilan website mungkin memang perlu kerja ekstra. Anda perlu mengoptimalkan usaha untuk membuat Toko Online Anda berada pada halaman pertama pencarian di Google. Caranya adalah dengan menulis judul produk dengan kata-kata yang banyak dicari orang, bisa juga dengan memeriksa kata-kata ini di Google Adword Keywords Tool. Buatlah judul produk lebih baik diberi kata kata yang pembeli suka, misalnya 'murah atau 'diskon'. Kemudian, pada saat Anda menulis keterangan produk, jangan sekali-kali copy paste dari website lain, karena Google akan dengan mudah menemukan website Anda plagiat, dan hukumannya bisa terlempar ke halaman belakang.
MEMBANGUN KEPERCAYAAN CUSTOMER
Bisnis online modal utamanya adalah kepercayaan, Anda harus memutar otak untuk menemukan? cara agar calon pembeli memercayai Anda ketika mengunjungi website. Cara yang paling tepat adalah dengan mencantumkan alamat lengkap toko, proses pembayaran COD untuk area sekitar Anda, garansi purna jual, dan ketepatan waktu pengiriman yang juga? penting untuk proses pembangunan kepercayaan.
JANGAN DULU MENERAPKAN SISTEM COD
Banyak kasus pebisnis Toko Online yang mengalami penipuan pada awal perjalanan karir mereka. Bahkan tragisnya, banyak Toko Online yang gulung tikar baru setelah beberapa bulan saja berjualan. Untuk menghindarinya, jangan pernah berlakukan sistem paska bayar (dibayar setelah barang sampai pada customer), atau lebih di kenal dengan istilah CoD (Cash On Delivery). Jangan pula melayani pembeli yang membayar tidak penuh meski berjanji akan membayar sepenuhnya setelah barang sampai, apalagi jika transaksi yang Anda lakukan melibatkan transaksi yang besar.
PINTAR MEMBACA PASAR
Pengalaman adalah guru terbaik. Agaknya slogan ini sangat benar adanya. Pengalaman memang semakin bertambah seiring dengan bertambahnya waktu, namun bukan berarti Anda harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pengalaman yang cukup dalam berbisnis. Anda perlu meluangkan waktu untuk serius dan fokus dalam pembangunan website, karena bagaimanapun calon pembeli akan melihat website Anda sebagai representasi perusahaan. Setelah itu, perbanyak baca penelitian mengenai bisnis online, dari situ Anda bisa melihat trend di masyarakat dalam belanja online, dan dari situ juga Anda bisa mendapat data untuk membuat strategi pemasaran bisnis.
Itulah beberapa Tips Membuat Toko Online Untuk Bisnis via Internet bagi Anda yang ingin memulainya. Inti dari semua hal diatas adalah dengan terus mengasah pengalaman. Terus belajar dan belajar adalah tips terbaik untuk menjalankan bisnis via internet. Baca juga artikel bisnis online sebelumnya tentang Tips Sukses Bisnis Online. Semoga bermanfaat!